Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nama Alat untuk Instalasi Listrik di Rumah

Listrikbali.com - Halo brosis, jumpa lagi dengan saya tukang listrik di Bali, kali ini saya akan memberikan sedikit informasi tentang nama-nama alat yang dipakai untuk Instalasi listrik di rumah, alat-alat yang saya maksud adalah alat instalasi pemasangan listrik selain oleh pihak PLN.

Biasanya pihak PLN hanya menyambungkan listrik ke KWH dan membuat grounding, nah untuk membagi listrik dari KWh ke lampu atau alat elektronik lainnya itu diluar pekerjaan pihak PLN, oleh sebab itu ada jasa tukang listrik untuk instalasi untuk mengalirkan liatrik dari KWh ke titik yang membutuhkam listrik seperti kamar dll.

Kali ini saya akan memberikan nama-nama alat yang dipakai untuk instalasi listrik dirumah supaya bisa dipakai untuk menyalakan lampu, alat elektronik dan untuk keperluan lain yang memakai listrik di rumah Anda.

Baiklah tanpa basa-basi lagi saya akan memberikan nama alat dan fungsinya disaat akan instalasi listrik di rumah, siapa tahu kamu mau beli alatnya untuk instalasi senditi di rumah namun tidak tahu namanya. Apa saja nama alatnya, silakan simak di bawah ini.
  1. Kabel, pastinya sudah semua tahu apa itu kabel, nah yang jadi perhatian adalah ukuran kabel dan kwalitas kabelnya. Untuk standar instalasi rumah biasanya memakai kabel inti tembaga dengan ukuran 2.5 mm untuk jalur utama dan stop kontak dan ukuran 1.5 mm untuk sambungan lampu dan saklar. Pilihlah kabel dengan inti tembaga dan kwalitas yang bagus. Untuk lebih lanjut tentang kabel, bisa baca tulisan saya sebelumnya disini.
  2. Sekring, dulu instalasi di rumah sudah pasti ada sekring yang berguna sebagai pemutus arus jika ada konsleting. Namun seiring perkembangan zaman, sekring sudah jarang digunakan dan beralih memakai MCB /ELCB.
  3. MCB (Miniature Circuit Breaker) merupakan alat yang fungsinya hampir sama dengan Sekring yakni pemutus arus jika ada konsleting dan juga kelebihan pemakaian beban listrik. MCB yang dipakai menyesuaikan dengan daya listrik yang terpasang, misalnya untuk daya 900 Watt bisa pakai MCB 4 ampere, semakin besar daya maka semakin besar ukuran ampere MCB.
  4. ELCB (Earth Leakage Circuit Breaker)adalah sakelar listrik yang dirancang untuk melindungi manusia dari kesetrum serta peralatan listrik dari kebocoran listrik (Earth-Leakage). Pada umumnya ELCB tidak langsung terpasang di panel listrik di rumah, sehingga harus dipasang secara mandiri untuk menambah proteksi.
  5. Box MCB / ELCB dan rumah MCB Inbow/Outbow Nah untuk memasang MCB kita perlu rumah MCB, bisa dipilih yang ditanam atau ditempel tergantung keperluan dan juga Box MCB twrgantung keperluan bisa yang isi dua, tiga, empat dan seterusnya.
  6. Pipa / Conduit adalah pelindung kabel instalasi supaya lebih aman, apa lagi kalau ada kabel yang ditanam, maka wajib dibungkus dengan conduit ini. Ada beberapa jenis conduit ada seperti pipa biasa ada juga yang fleksibel supaya bisa dipakai untuk tempat yang banyak lekukan.
  7. Klem /Klam alat ini dipakai untuk menahan, memegang atau mengunci conduit atau kabel. Bentuk dan ukurannya juga beda-beda, menyesuaikan dengan besar dari conduit atau kabel yang dipakai.
  8. Elbow / Knee adalah alat untuk penyambung conduit biasanya bentuk L yang dipakai untuk menyambung pipa ketika harus dibengkokkan 90 derajat.
  9. Inbodus / Inbow dos / Ib dus merupakan rumah untuk saklar atau stop kontak yang dipasang dengan cara di tanam, biasanya bentuknya bulat dan ada satu lubang untuo kabel.
  10. Tdus / Teedus / T doos merupakan rummah atau alat untuk pelindung beberapa sambungan kabel, biasanya juga bentuknya bulat, ada tutupnya dan ada beberapa lubang untuk kabel dari dua sampai empat lubang.
  11. Lasdop adalah alat untuk menutup sambungan kabel supaya tidak terjadi konsleting, jika tidak ada lasdop maka bisa memakai isolasi untuk membungkua sambungan kabel.
  12. Saklar adalah alat untuk penyambung dan pemutus arus listrik, biasanya yang paling sering pakai saklar adalah sambungan penerangan atau lampu. Saklar juga bentuknya macam-macam ada yang dipasang dengan cara ditanam, ditempel atau juga digantung.
  13. Fiting merupakan rumah lampu suapay lampu bisa terpasang dengan baik maka kita perlu memasang fiting untuk lampu dimana lampu itu akan dipasang.
  14. Stop kontak, saya yakin semua sudah tahu, alat ini berisi arus listrik yang diperlukan saat kita akan menghidupkan alat yang makai listrik dengan memasukkan steker / cuk alat itu ke stop kontak.
Nah itulah beberapa alat atau bahan yang harus ada ketika akan memasang instalasi listrik dirumah. Jika kamu tidak ingin ribet dengan membeli semua alat itu, maka untuk pekerjaan seperti ini serahkan saja kepada kami tukang listrik atau jasa Instalasi listrik di Bali, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Nama Alat untuk Instalasi Listrik di Rumah"