Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tiga Jenis Kabel yang Sering dipakai Instalasi Listrik di Rumah

Listrikbali.com - Halo brosis, jumpa lagi dengan saya tukang listrik di Bali, kali ini saya ada waktu luang, saya akan memberikan sedikit informasi tentang jenis kabel yang sering dipakai untuk instalasi listrik di rumah tangga supaya terjamin keamanannya.

Bagi orang yang awam masalah instalasi listrik mungkin kurang tahu tentang jenis kabel yang dipakai untuk mengalirkan listrik dari PLN sampai bisa dipakai intuk keperluan sehari-hari di rumah, paling utama mungkin untuk penerangan dan lainnya bisa untuk hiburan seperti menghidupkan TV, radio dll.

Bagi seorang tukang listrik mungkin sudah paham dengan standar jenis kabel yang harus dipakai saat instalasi listrik dirumah karena mungkin sudah paham dengan Persyaratan Umum Instalasi Listrik (PUIL) sebagai dokumen SNI instalasi listrik, disana sudah dijelaskan seperti apa jenis kabel yang dipakai untuk instalasi listrik di rumah.

Sebenarnya ada tiga jenis kabel yang umum dipakai saat instalasi listrik di rumah yakni kabel NYA, NYM dan NYY nah ketiga jenis kabel itulah yang sering dipakai instalasi listrik, seperti apa ketiga jenis kabel itu, silakan simak penjelasannya di bawah ini.

Kabel NYA adalah kabel jenis tuggal, artinya kabel ini hanya memiliki satu kabel inti. Dalam instalasi rumah digunakan ukuran 1,5 mm dan 2,5 mm. Berinti tunggal, berlapis bahan isolasi PVC, dan seringnya untuk instalasi kabel udara. Kode warna isolasi ada warna merah, kuning, biru dan hitam. Kabel tipe ini umum dipergunakan di perumahan karena harganya yang relatif murah. Lapisan isolasinya hanya satu lapis sehingga mudah terkelupas, tidak tahan air dan mudah digigit tikus. Agar aman memakai kabel tipe ini, kabel harus dipasang dalam pipa/conduit jenis PVC atau saluran tertutup. Sehingga tidak mudah menjadi sasaran gigitan tikus, dan apabila ada isolasi yang terkelupas tidak tersentuh langsung oleh orang.

Kabel NYM adalah kabel yang digunakan untuk kabel instalasi listrik rumah atau gedung dan sistem tenaga. Kabel NYM berinti lebih dari satu, memiliki lapisan isolasi PVC (biasanya warna putih atau abu-abu), ada yang berinti 2, 3 atau 4. Kabel NYM memiliki lapisan isolasi dua lapis, sehingga tingkat keamanannya lebih baik dari kabel NYA dan harganya juga  lebih mahal dari NYA. Kabel ini dapat dipergunakan dilingkungan yang kering dan basah, namun tidak boleh ditanam.

Kabel NYY adalah kabel yang memiliki lapisan isolasi PVC biasanya warna hitam, kabel NYY ada yang berinti 2, 3 atau 4. Kabel NYY dipergunakan untuk instalasi tertanam (kabel tanah), dan memiliki lapisan isolasi yang lebih kuat dari kabel NYM dan harganya juga lebih mahal dari NYM. Kabel NYY memiliki isolasi yang terbuat dari bahan yang tidak disukai tikus.

Untuk ukuran kabelnya biasanya dipakai kabel ukuran 3x2.5 mm untuk arus utama dan stop kontak sedangkan untuk kabel lampu dan saklar bisa pakai kabel ukuran 2x1,5 mm.

Nah itulah sedikit informasi tentang kabel NYA, NYM dan NYY yang sering dipakai oleh tukang listrik untuk instalasi di rumah. Bagi kamu yang tidak mau pusing ketika akan pasang kabel listrik dirumah, silakan hubungi kami yang sudah pengalaman untuk instalasi listrik dirumah, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Posting Komentar untuk "Tiga Jenis Kabel yang Sering dipakai Instalasi Listrik di Rumah"