Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengetahui Kabel Pasha, Arde dan Negatif pada Instalasi Listrik yang Sudah Terpasang

Listrikbali.com - Halo jumpa lagi dengan saya bagian jasa instalasi listrik di Bali, kali ini saya akan memberikan sedikit tips tentang Cara Mengetahui Kabel Pasha, Arde dan Negatif pada Instalasi Listrik yang Sudah Terpasang.

Mungkin ada yang intalasi listrik dirumahnya tidak dipasang oleh tukang listrik yang sudah tahu tentang instalasi listrik, jadi sambungan kabelnya tidak sesuai dengan aturan baku instalasi listrik. Salah satunya adalah tentang warna kabel dan arus didalamnya.

Pada umumya instalasi listrik itu memakai kabel dengan tiga warna yang menjadikan ciri khas dari masing-masing kabel itu. Saat ini kode warna kabel ada tiga yakni ada kabel warna biru untuk negatif, warna hitam untuk pasha (positif) dan warna kuning strip hijau untuk kabel arde. Namum masih ada yang pasang instalasi listrik dengan satu warna kabel saja.

Selanjutnya bagaimana cara menentukan ketiga jenis kabel itu pada sebuah instalasi yang sudah terpasang jika tidak memenuhi standar instalasi berdasarkan warna kabel tersebut. Silakan simak di bawah ini.

Nah sebelum lanjut, pastikan MCB dalam posisi on supaya ada arus pada kabel. Untuk menentukan kabel dengan arus pasha/positif/api cukup memakai alat yang disebut tespen, silakan tempel tespen pada setiap kabel, kabel yang mana membuat tespen menyala, maka itulah kabel dengan arus positif sedangkan dua kabel lainnya jika tespen tidak nyala maka kedua kabel itu arde dan negatif. Silakan isi kode seperti berikut.
Kabel Netral Tidak ada garis/jepitan, Kabel Fasa satu Garis/jepitan, Kabel Fasa ke Lampu. dua garis/jepitan dan seterusnya. Cara ini juga perlu dilakukan, meski warna Kabel Fasa, Netral dan Arde berbeda, tujuannya adalah untuk membedakan mana ujung dan Pangkal dari masing- masing kabel saat dimasukkan kedalam pipa-pipa.

Nah bagaimana jika warna kabelnya sama? Caranya sangat mudah, silakan simak caranya di bawah ini.

Nah sebelum lanjut, pastikan MCB dalam posisi on supaya ada arus pada kabel. Untuk menentukan kabel dengan arus pasha/positif/api cukup memakai alat yang disebut tespen, silakan tempel tespen pada setiap kabel, kabel yang mana membuat tespen menyala, maka itulah kabel dengan arus positif.

Selanjutnya untuk menentukan kabel negatif dan arde juga sama, kedua kabel ini jika disentuh dengan tespen maka tespen tidak menyala, karena kedua kabel ini tidak punya arus. Lah trus kalau keduanya tidak menyala bagaimana cara membedakannya? Gampang Masbro, begini caranya.

Untuk mengetahui kabel negatif dan arse caranya dengan menelusuri ujung masing-masing kabel tersebut, kabel negatif biasanya berasal dari sumber listrik seperti PLN/Genset. Sedangkan kabel Arde adalah jalur tersendiri dan bukan berasal dari sumber listrik (PLN atau Genset), yang pangkal kabelnya di hubungkan ke dalam tanah, dan ujungnya dipasangkan ke terminal Arde pada setiap Stopkontak.

Nah itulah cara membedakan kabel positif, negatif dan arde pada sebuah instalasi listrik, semoga bermanfaat, jika Anda perlu tenaga / tukang instalasi listrik, silakan hubungi kami via kolom kontak, terimakasih.

Posting Komentar untuk "Cara Mengetahui Kabel Pasha, Arde dan Negatif pada Instalasi Listrik yang Sudah Terpasang"