Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengetahui Daya Listrik yang Terpasang di Rumah

Listrikbali.com - Halo brosis, jumpa lagi dengan tukang listrik online, kali ini saya akan memberikan cara untuk mengetahui daya listrik yang terpasang di rumah, mungkin saja kamu lupa dengan daya listrik yang terpasang dirumah, jadi dengan cara yang akan saya berikan maka untuk mengetahui daya listrik di rumah jadi sangat mudah.


Seperti apa cara mengetahui daya listrik yang terpasang di rumah, silakan simak dulu penjelasan ini. Satuan daya listrik adalah Watt, daya listrik dihitung dari perkalian Volt dikali Ampere maka rumus daya listrik adalah Volt x ampere = Watt.

Jadi untuk mengetahui daya listrik yang ada di rumah adalah, cukup melihat meteran listrik yang ada di rumah tepatnya lihat pada MCB yang dipasang oleh pihak PLN, pada MCB itu ada beberapa tulisan seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Sebagai contoh, ini adalah MCB Kwh yang ada di rumah saya, silakan simak gambarnya yang ditunjuk garis merah.


Dari gambar di atas dapat kita lihat pada bagian yang ditunjuk garis merah. Pada nomor 1 ada CL4 itu artinya MCB itu arusnya 4 ampere, sedangkan pada garis merah nomor dua ada angka 230/400V 50Hz itu artinya arus listrik yang mengalir berkekuatan 230 - 400Volt.

Jadi untuk mengetahui daya listrik yang terpasang, cukup kalikan besar ampere dan volt jadi Daya = 230 volt x 4 ampere = 920 Watt dibulat jadi 900 Watt. 

Kode CL itu beda-beda pada setiap KWh, tergantung besar saya listrik yang terpasang, misalnya kalau MCB tertulis CL6 dan arusnya 230 volt itu artinya daya listrik yang terpasang adalah 6 ampere kalu 230 volt = 1380 Watt, dibulat jadi 1300 Watt, jadi daya listrik yang terpasang adalah 1.300 Watt.

Nah itulah cara mengetahui besar daya listrik yang terpasang di rumah, semoga bermanfaat, jika ada yang perlu jasa Instalasi listrik di rumah, silakan hubungi saya via kolom kontak di blog ini, terimakasih

Posting Komentar untuk "Cara Mengetahui Daya Listrik yang Terpasang di Rumah"